Spesifikasi dan Harga DJI Ronin-MX Gimbal Stabilizer yang Multifungsi

Sedang memuat Spesifikasi dan Harga DJI Ronin-MX Gimbal Stabilizer yang Multifungsi...

Pembaruan teknologi terus saja terjadi di era globalisasi ini, semuanya berjalan seiring berjalannya waktu tanpa bisa dicegah. Namun tentu saja terciptanya teknologi baru ini akan semakin mempermudah pekerjaan manusia. Di dunia cinematografi pun terjadi pembaruan teknologi, salah satunya adalah diciptakannya gimbal stabilizer yang multi fungsi. Bagi anda yang belum tahu gimbal stabilizer ini merupakan alat yang digunakan untuk meletakkan kamera sehingga ketika anda mengambil gambar ataupun video dalam posisi bergerak anda akan tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada umumnya gimbal stabilizer digunakan hanya untuk pengambilan gambar berbasis Ground. Namun berbeda dengan seri DJI Ronin-MX ini yang dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu basis Ground dan Aerial. Itulah sebabnya bila Pabrik DJI menitik beratkan produknya ini untuk seorang profesional yang memang membutuhkan performa lebih dalam hal pengambilan gambar yang membutuhkan gimbal stabilizer. Gimbal stabilizer tipe ini sebenarnya adalah satu series dengan dua saudaranya yang lain yaitu DJI Ronin dan DJI Ronin-M yang membedakan diantara ketiganya adalah kompabilitas dari tipe DJI Ronin-MX ini untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus.

Spesifikasi DJI Ronin-MX Gimbal Stabilizer

DJI Ronin tipe ini memang didesain secara khusus untuk dapat melakukan pengambilan gambar baik itu di darat maupun di udara. Untuk pengambilan gambar di udara dapat dilakukan dengan memasangkan perangkat tipe ini dengan DJI Matrice 600. Sehingga anda dapat melakukan pengambilan gambar di udara tanpa takut dengan hasil gambar yang tidak jelas ataupun blur. Dibekali dengan A3 Flight Controller dan DJI Lightbridge 2 menjadikan Matrice 600 yang merupakan integrated serial system ini partner yang tepat bagi DJI Ronin tipe ini. Namun sangat tidak disarankan untuk memasangkan perangkat DJI Ronin-MX dengan selain Matrice 600, hal ini karena Ronin-MX tidak dapat berkomunikasi secara baik bila dipasangkan dengan platform lainnya. Nah untuk Matrice 600 sendiri, anda dapat memasangkannya dengan seluruh merek kamera DJI bertipe Zenmuse.

Karena dikhususkan untuk keperluan cinematografi tingkat lanjut tidak mengherankan bila stabilizer tipe ini di rancang secara khusus cocok dengan berbagai jenis kamera. Beberapa kamera yang cocok atau kompatibel dengan stabilizer ini diantaranya adalah ARRI ALEXA Mini, RED Dragon, RED Dragon, Red Raven, Canon 5D dan Panasonic GH4. Karena pada era sinematografi saat ini menuntut pengaturan dan konfigurasi yang lebih ringkas. Tipe ini juga dapat menghasilkan gambar yang mulus karena dibekali dengan algoritma SmoothTrack™ yang akan memastikan pergerakan alat akan tetap mulus pada setiap jenis konfigurasi. Selain itu stabilizer ini menggunakan IMUs yang mana akan membuat stabilizer ini dapat menyesuaikan tekanan gravitasi ketika dipasangkan dengan pesawat ataupun mobil. Ketika dipasangkan pada M600 aerial system, tipe ini dapat berkomunikasi dengan DJI flight controler sedangkan ketika dipasangkan dengan kendaraan, tipe ini dapat dikoneksikan dengan modul GPS yang dapat meningkatkan kestabilan.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh stabilizer tipe ini adalah perangkat ini dapat kompatibel dengan Lightbridge 2 yang mana memungkinkan untuk mentransmisi video berkualitas HD hingga jarak 5 km. Bila dikombinasikan dengan DJI Focus dan modul Fokus Expansion perangkat ini dapat dikontrol dengan jarak yang jauh. Kemudian tidak lupa perangkat ini juga dilengkapi dengan DJI Assistant yang terdapat pada perangkat iOS dan Android, dengan DJI Assistant ini anda dapat melakukan konfigurasi pada perangkat anda dengan satu langkah mudah. Jika anda menggunakan Lightbridge 2 dengan aplikasi DJI GO anda dapat mengontrol pergerakan terbang M600. Pada sektor baterai, sama dengan tipe Ronin yang lain perangkat ini juga memiliki baterai dengan kapasitas 1580 mAh yang dapat bertahan hingga 3 jam. Sedangkan masa pengisian dari baterai ini memakan waktu sekitar 70 menit.

Baterai milik perangkat ini sudah dibekali dengan kemampuan untuk memproteksi dirinya sendiri dari pengisian daya yang berlebihan ataupun penggunaan daya yang tidak seharusnya. Status daya baterai dapat terlihat pada lampu indikator LED selain itu anda juga dapat melihatnya pada aplikasi di ponsel pintar milik anda. Perangkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk meletakkan baterai ekstra, DJI Intelligent Battery cadangan ini dirancang nirkabel dan mampu membawa dua sumber energi dengan besar masing-masing 12V yang diperuntukkan kepentingan energi pada kamera dan aksesoris. Selesai masalah baterai kini berpindah ke bodi dari perangkat ini yang memiliki berat kurang lebih 2.7 kg dengan kemampuan membawa beban maksimal seberat 4.5 kg.

Nah, apabila menggunakan DJI Matrice 600 dengan perangkat ini maka berat yang dapat dibawa oleh perangkat ini sebesar 3.85 kg saja, hal ini disebabkan karena Matrice 600 hanya dapat membawa beban maksimal seberat 6 kg. Secara konstruksi perangkat ini dirancang dengan bahan magnesium ringan, sehingga dapat menghasilkan keseimbangan yang pas ketika diterbangkan dengan Matrice 600. Selain itu kecanggihan juga terletak pada kemampuan perangkat ini mengunci subyek yang menjadi fokusnya meskipun pergerakan yang dihasilkan begitu dinamis. Perangkat ini dapat menghasilkan keakuratan tinggi antara pergesaran pada remot kontrol dengan lensa yang dikontrol karena DJI membekali perangkat ini dengan keakuratan kurang lebih 0.02 di tangan penggunanya dan juga torsi yang memiliki kapasitas tinggi.

Pada perangkat ini juga tersedia remot kontrol kedua 2.4 GHz yang akan memungkinkan pengontrol kedua untuk membantu gerakan pan, tilt dan beberapa fungsi lainnya. Disamping berbagai keunggulan di atas perangkat ini masih memiliki keunggulan yang lainnya, salah satunya adalah waktu setup singkat hanya memerlukan kurang lebih 5 menit saja anda sudah dapat merekam secara profesional dengan stabilator video. Terdapatnya teknologi ATS atau Auto Tune Stability juga akan menambah tingkat akurasi sehingga dapat mempermudah pengaturan tanpa memerlukan perangkat tambahan, simpel dan praktis kan?

Harga DJI Ronin-MX Gimbal Stabilizer

Selain itu tadi, pengoperasian dari DJI varian Ronin bertipe MX ini sama dengan varian Ronin-M yang mana memiliki 3 mode pengoperasian yaitu Underslung Mode, Upright Mode dan Briefcase Mode. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh produk DJI Ronin-MX ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal yaitu Rp. 24.500.000,00. Namun seperti yang telah diulas di atas, produk ini mempunyai banyak keunggulan yang sepadan dengan harga yang ditawarkan. Mungkin harga tersebut memang terlihat mahal namun dibandingkan dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan oleh pabrik DJI rasanya harga tersebut sepadan.

Selain itu, apabila anda memiliki perangkat ini, anda sudah memiliki satu alat dengan dua fungsi yaitu pengambilan di darat dan di udara yang tentu akan sangat bermanfaat bagi anda. Dengan performa stabilizer yang mumpuni ini jelas akan membuat hasil gambar ataupun video menjadi lebih maksimal. Bila anda tertarik membeli perangkat ini maka anda perlu menyiapkan dana sekitar 24 juta rupiah namun tentu saja harga tersebut akan sebanding dengan performa yang akan anda dapat.

info@dibody it mail,