Inilah Tips Memilih Drone Yang Benar

Sedang memuat Inilah Tips Memilih Drone Yang Benar...

Teknologi dari tahun ke tahun semakin berkembang. Saat ini untuk mengambil sebuah gambar dari atas, anda tidfk perlu naik-naik lagi ke tempat yang tinggi. Dengan menggunakan drone anda bisa mengambil gambar dari atas dengan sudut 180 derajat. Saat ini drone sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Terutama yang berkecimpung di bidang videografi, wartawan dan lainnya. Tetapi memilih drone tidaklah mudah. Apalagi saat ini ada banyak sekali merk drone yang ada di pasaran. Dari yang harganya ratusan ribu rupiah sampai puluhan juta rupiah. Inilah tips memilih drone yang benar untuk para pemula.

7 Tips Memilih Drone

1. Fitur Drone

Pada saat memilih drone, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melihat fitur yang ada di drone tersebut. Saat ini ada banyak sekali drone yang memiliki fitur bagus. Untuk para pemula lebih baik memilih drone yang memiliki fitur auto landing dan auto take off. Jadi ketika anda bingung untuk menerbangkan dan mendaratkannya. Anda bisa langsung menggunakan dua fitur tersebut. Selain kedua fitur tersebut, anda juga harus melihat fitur lainnya. Sebelum membeli drone lebih baik lakukan survei dahulu. Anda juga bisa bertanya pada orang-orang yang paham mengenai jenis drone.

2. Air Frame

Air frame merupakan body drone itu sendiri. Jadi ketika membeli drone, anda juga harus melihat body drone tersebut. Untuk pemula biasanya belum begitu ahli dalam menerbangkan drone. Jadi secanggih dan semahal apapun drone anda, jika anda belum bisa menerbangkanya dengan benar pasti akan tertabrak atau jatuh juga. Oleh karena itu untuk para pemula lebih baik memilih drone yang punya airframe atau body tangguh tetapi ringan. Kalau bodynya terlalu berat, akan susah untuk diterbangkan. Kalau bodynya tidak tangguh juga, drone akan lebih mudah pecah atau sobek ketika jatuh atau tertabrak.

3. Jangkauan Terbang Drone

Tips memilih drone selanjutnya adalah dengan melihat jangkauan atau jarak dari terbangnya drone. Setiap jenis drone memiliki jangkauan yang berbeda-beda. Jangkauan ini merupakan jarak antara remot control dengan dronenya. Hal ini berpengaruh terhadap spesifikasi receiver dan transmisinya. Ada beberapa drone yang memiliki jangkauan hanya 20 meter, bahkan ada yang sampai puluhan kilometer. Buat para pemula lebih baik memilih drone yang memiliki jangkauanya tidak begitu jauh. Jadi anda bisa mengontrol jarak penerbangan drone. Selain itu pilihan drone yang memiliki GPS dan auto pilot. Dengan begitu anda akan tahu letak drone dan drone akan kembali lagi ke titik awal.

4. Bagian Baling-Baling (Propelller)

Untuk pemula kemungkinan terjadi crash atau tabrakan sangat besar. Jadi anda harus memastikan keamanan dari bagian baling-balingnya. Ketika drone terbang, propeler akan berputar dengan sangat cepat. Jika propeler anda tidak terlindungi dengan baik, maka pada saat crash propeler tidak akan langsung patah walaupun menghantam benda lain. Seperti pohon, tanah, gedung atau barang lain. Jika propeler anda langsung patah pada saat terbang, maka drone akan langsung jatuh ke tanah. Oleh karena itu anda harus memilih propeler yang kuat dan memiliki pelindung yang fleksibel, sehingga propeler tidak akan langsung rusak ketika terjadi tabrakan.

5. Spesifikasi Baterai

Ketika membeli drone, anda juga harus melihat spesifikasi baterainya. Baterai sangat mempengaruhi waktu terbang dari dronenya. Drone yang kapasitas baterainya kecil hanya mampu terbang selama 15-30 menit saja. Lebih baik untuk memilih drone yang memiliki cadangan baterai, sehingga ketika drone anda habis tetap bisa menerbangkan dronenya. Waktu mencharge baterai drone membutuhkan waktu yang lama, sekitar 2-3 jam. Itu juga hanya bisa dibutuhkan waktu terbang selama 15 menit. Jika anda memiliki dana yang besar, bisa membeli drone yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Jika dana minim belinya drone yang memiliki cadangan baterai.

6. Kualitas Kamera

Drone tanpa kamera tentunya tidak bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu ketika membeli drone, anda harus melihat kualitas kameranya. Pilihlah drone yang memiliki kualitas kamera yang bagus. Sehingga kualitas gambar yang anda dapatkan bagus. Saat ini ada banyak sekali drone yang memiliki kualitas kamera bermacam-macam. Ada yang kualitasnya masih VGA, 2MP dan ada yang sudah HD sampai 12 MP. Kualitas kamera drone juga dipengaruhi oleh harga dari drone tersebut. Buat anda yang sudah mahir dalam forografi bisa memilih drone yang memiliki kualitas kamera bagus. Bisa memilih drone yang kameranya bisa dilepas. Jadi anda bisa mengganti drone kamera nantinya.

7. Harga Drone

Hal yang paling penting ketika membeli drone adalah masalah harga. Belilah drone yang sesuai dengan budget anda. Saat ini ada banyak sekali drone yang memiliki harga terjangkau. Bahkan ada drone yang harganya hanya Rp 500.000 saja. Namun, spesifikasinya tentu berbeda dengan drone yang harganya jutaan rupiah. Ada juga beberapa drone yang belum memiliki kamera. Jadi anda harus membeli kamera secara terpisah. Buat anda yang dananya minim, lebih baik membeli drone yang sudah built in dari pabrik. Ini lebih mudah penggunaan dan lebih hemat. Dibandingkan anda harus membeli drone yang kameranya masih add on. Ini akan membuat pengeluaran anda semakin banyak.

Itulah beberapa tips memilih drone yang harus anda lakukan. Ketika membeli drone lebih baik untuk melakukan survei terlebih dahulu, supaya anda bisa menemukan drone yang terbaik. Jangan langsung percaya dengan drone yang memiliki spesifikasi bagus tetapi harganya sangat murah. Bandingkan satu drone dengan lainnya. Bisa masuk ke forum pecinta drone supaya anda bisa menemukan pilihan drone terbaik. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

toko drone di denpasar bali, toko drone di denpasar, drone lipa gps murah, alamat toko yang jual drone di denpasar, beli drone daerah denpasar, toko penjual drone di tangerang, jual drone denpasar, jual drone area denpasar bali, jual drone area denpasar, harga drone e010 cirebon,